50 Google Fans Hadiri Event Google I/O Extended 2016 di Yogyakarta

50 Google Fans Hadiri Event Google I/O Extended 2016 di Yogyakarta – Pada tanggal 18 yang lalu perhelatan akbar Google I/O yang diadakan setiap setahun sekali diselenggarakan. Berbeda dengan Google I/O yang biasanya diadakan didalam ruangan indoor di Moscone, San Fransisco. sekarang Google mengadakannya di area outdoor di Sheroline Amphitheater, San Fransisco. CEO Google Sundar Pichai mengatakan ini untuk merayakan relationship antara Google dan Developer yang telah berlangsung selama 10 tahun.

Tidak semua developer dapat hadir pada Google I/O di San Fransisco. Google joke menyediakan channel khusus di Youtube agar developer di belahan dunia dapat menonton Keynote secara live streaming. Menariknya kali ini joke Google menyediakan live streaming dengan sudut 360 derajat.

Untuk Indonesia sendiri dengan inisiatif Google Developer Group Indonesia mengadakan event observation party atau nonton bareng Google I/O 2016 yang diadakan di 6 kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bali.

Chromplex sempat mengikuti eventuality Google I/O Extended 2016 di Yogyakarta. Peserta yang hadir joke kurang lebih 50 peserta yang tentu saja kebanyakan developer. Tidak hanya sekedar nonton bareng eventuality Google I/O Extended di Yogyakarta juga mengadakan acara Talk Show, beberapa game agar peserta tidak bosan dan live report langsung dari San Fransisco oleh Yansen Kamto, CEO Kibar yang juga Google Developer Expert Bidang Branding dan Marketing.

DSCF2526

Acara talkshow-nya dibawakan oleh oleh Guntur Sarwohadi selaku Community Manager GDG Yogyakarta, kemudian beberapa narasumber seperti Pratama Wijaya seorang developer dari Kulina yang membahas mengenai penggunaan Firebase, Gatot Fajar Co-Founder dan CEO Creacle Game Studio yang membawakan materi tentang bagaimana mengembangkan sebuah diversion untuk virtual reality, dan yang terakhir dari Anna Erdiawan Founder dari Chromplex yang membawakan materi tentang isu dan perkembangan Google yang menjadi headline beberapa hari terakhir.

IMG_4461

Pada sesi Live Report, 6 kota saling terhubung menggunakan Google Hangout termasuk dengan Yansen Kamto yang saat itu hadir di Google I/O secara langsung. Yansen memperlihatkan bagaimana suasana di Sheroline Amphitheater, bagaimana orang dari berbagai belahan dunia tumpah ruah disana.

Google I/O Extended 2016 Yogyakarta

Peserta yang hadir pada Google I/O Extended joke dapat menanyakan langsung kepada Yansen Kamto melalui Google Hangout. Salah satu peserta menanyakan bagaimana caranya agar bisa ke Google I/O. Yansen menjelaskan siapa saja bisa ikut dengan mendaftar di website Google I/O, nanti Google akan mengirimkan undangan secara acak ke peserta atau developer yang beruntung melalui email. Selajutnya yang terpilih membayar sejumlah USD 900. Biasanya Google akan membagikan device secara gratis di acara tersebut. Yansen menjelaskan pada tahun 2013 pertama kali beliau mengikuti Google I/O mendapat Chromebook Pixel senilai USD 1500, pada tahun 2014 perangkat Android Wear buatan LG dan Motorola, pada tahun 2015 berupa perangkat smartphone Nexus 9.

Jadi dengan USD 900 peserta sebenarnya tidak rugi mengeluarkan dana tersebut karna akan mendapat sesuatu yang lebih disini selain mendapatkan device. Seperti mendapat koneksi dengan banyak developer dari belahan dunia, belajar langsung dengan tim ahli dari Google belum lagi knowledge bisa mencoba berbagai perangkat baru Google bahkan yang baru dikembangkan seperti Project ARA atau Project Tango. Namun berbeda untul Google Developer Expert, mereka memang diundang oleh Google dan semua akomodasi dibiayai oleh Google.

Yansen ke Mountain View bukan hanya untuk menghadiri Google I/O namun ada bulletin lain termasuk kerjasama dengan akselerator Startup disana termasuk GSV Labs. Yansen mengatakan nantinya akan ada module akselerasi selama 30 hari untuk Startup Indonesia. Nantinya akan dipilih 10 startup yang akan mengikuti module akselerator yang dibagi dalam 2 batch.

Tidak terasa akhirnya waktu menunjukkan pukul 12 malam dan keynote Google I/O dimulai. Semua peserta yang hadir pada Google I/O Extended joke antusias menontonnya sampai akhir dari Keynote yang berdurasi hampir 2 jam. Adapun beberapa yang diumumkan Google diantaranya mengenai Machine Learning dan Artificial Intelligence yang diterapkan pada produk Google. Produk tersebut ialah Google Assistant yang juga dibenamkan kedalam aplikasi follower baru milik Google yaitu Allo dan Google Home.

Beberapa produk lain yang diumumkan dan tidak kalah pentingnya seperti height VR untuk Android yaitu Daydream. Kemudian Google mengeluarkan panduan desain untuk perangkat smarphone yang mendukung headset dan sensor suit VR Google. Selain itu Google merilis Android N Beta, beberapa pembaharuan dari Android Studio, Android Auto, Andoid Instant Apps dan merilis Android Wear versi 2. Selengkapnya kamu dapat melihat artikelnya pada Rekap 10 Pengumuman Penting pada Keynote Google I/O 2016.

Kamu sendiri bagaimana? Apakah produk yang pale menarik perhatian kamu pada Google I/O tahun ini?

Video Highlight

Gallery

More tabs ...

Posted in
Tagged . Bookmark the permalink.
short link tablet123.com/?p=10088.