6 Inovasi yang dinanti pada ajang Google I/O 2018 – Beritagar


CEO Google Sundar Pichai saat melakukan presentasi dalam ajang Google I/O pada 17-19 Mei 2017

Dalam hitungan jam ke depan, Google akan mengadakan sebuah acara tahunan yaitu Google I/O (Input/Output) 2018. Acara ini merupakan acara konferensi tahunan yang ditujukan untuk para pengembang dan akan berlangsung di Shoreline, Amphitheatre, Mountain View, California, Amerika Serikat, pada 8-10 Mei.

Pada acara tahunan yang sudah berlangsung sejak 2008 ini menurut The Verge, Sabtu (5/5/2018), Google akan memperkenalkan beberapa inovasi yang berhubungan dengan Android dan kecerdasan buatan. Selain itu ada height wearable yang baru, Wear OS dan Asisten Google untuk Android TV, Google Home, Google Play, dan Search.

Ini adalah saat yang tepat bagi Google untuk menarik perhatian banyak orang dalam menunjukkan bagaimana perangkat lunaknya lebih pintar dan lebih maju daripada produk saingannya seperti Amazon, Apple, Facebook, dan Microsoft.

Berikut 6 inovasi yang diharapkan hadir di Google I/O 2018 sebagaimana yang kami lansir dari berbagai sumber:

Android P

Setiap tahunnya, Google selalu memperkenalkan sistem operasi terbarunya dalam ajang ini. Sebentar lagi, Google akan mengumumkan Android P yang disebut lebih mengutamakan pengalaman visible dan lebih fokus pada desain antarmuka.

Selan itu, Google juga akan mengumumkan nama terbaru yang akan digunakan di Android P. Sebelumnya diberitakan bahwa OS Android 9.0 itu akan menggunakan nama Pistachio Ice Cream.

Sejak beberapa waktu lalu, Android P disebut memberikan dukungan pada tampilan ponsel pintar “berponi” yang desainnya lebih dulu diadopsi iPhone X. Tampilan tersebut akan membuat tampilan ponsel menjadi lebih luas di layar 18:9 yang sedang menjadi tren saat ini.

Kecerdasan buatan

Selama bertahun-tahun, CEO Google Sundar Pichai telah mengatakan bahwa kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah rahasia masa depan perusahaan yang dipimpinnya. Google telah berusaha membuat teknologi yang bisa mengidentifikasi obyek dan menggunakan AI dengan bahasa yang lebih alami.

Proses itu telah dimulai dengan beberapa produk seperti perangkat lunak Asisten Google berbasis suara dan teks, Google Translate, dan height pengenalan objek. Selain itu ada juga upaya AI Google di bisnis Aplhabet lainnya, seperti lab penelitian DeepMind dan section mobil swakemudi Waymo.

Google Lens

Google Lens hampir pasti bakal memiliki kemampuan baru, setelah LG menyebutnya dalam acara peluncuran ponsel baru G7 ThinQ. Fungsi baru ini kemungkinan akan diumumkan di Google I/O 2018 nanti.

LG G7 ThinQ memiliki tombol samping untuk Google Assistant. Ketika tombol tersebut ditekan dua kali akan membuka Google Lens. Fungsi ini menjadikan G7 ThinQ sebagai ponsel pertama yang bisa melakukannya.

Google Lens, yang diumumkan pada Google I/O tahun lalu, merupakan alat pencarian visible yang menggunakan kamera untuk menyediakan informasi tentang objek yang diidentifikasinya.

Pembaruan yang bisa jadi diumumkan nanti tentunya akan menyediakan fitur-fitur yang lebih menarik dan memberi kemudahan bagi pengguna untuk berinteraksi lebih jauh.

Permainan

Google akan mengumumkan beberapa permainan dalam ajang ini. Salah satunya didukung oleh Chromecast sehingga bisa dimainkan bersama-sama di ruang tamu sebagai hibrid permainan konsol-mobile.Perusahaan yang dibangun Sergey Brin dan Larry Page ini juga memiliki permainan sosial baru, Arcade, dari startup yang dirintis Michael Sayman.

Desain tampilan antarmuka

Filosofi desain element yang saat ini dipakai oleh sebagian produk Android seperti Chrome dan desain aplikasi seluler telah berusia 4 tahun. Jadi kemungkinan Google akan melakukan penyegaran desain element pada beberapa produknya tersebut.

Wear OS

Selain Android P, I/O juga dimanfaatkan Google untuk mengumumkan Wear OS atau yang sebelumnya dikenal dengan Android Wear. Perangkat lunak Wear OS baru telah diluncurkan namun masih dalam masa pratinjau pengembang bersama Android P.

Wear OS membawa beberapa perbaikan yang sangat dibutuhkan untuk daya tahan baterai. Perbaikan itu juga mencakup fitur mode gelap untuk antarmuka pengguna jam tangan pintar.

Selain itu, Google juga telah mengumumkan beberapa pembaruan untuk Wear OS yang menghadirkan lebih banyak fitur Google Assistant ke platform.

More tabs ...

Posted in
Tagged . Bookmark the permalink.
short link tablet123.com/?p=9440.