Bangga! Aplikasi ‘Reblood’ Buatan Perempuan Indonesia Dipertontonkan di Ajang Google I/O 2017



MOUNTAIN VIEW – Keinginannya untuk menjadi dokter membuat perempuan muda ini senang menolong manusia lain. Melalui keahliannya di bidang teknologi, dunia kesehatan joke bisa dirambah. Menurutnya, menyelamatkan nyawa manusia bisa banyak cara, salah satunya melalui aplikasi teknologi yang dibuatnya.

Ya, Indonesia patut bangga. Leonika Sari Njoto Boedioetomo adalah satu dari jutaan orang Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa di ajang teknologi dunia. Melalui aplikasi yang dibuatnya bernama ‘Reblood’, gadis muda cantik ini menorehkan cerita manis ketika berada di California, Amerika Serikat, ketika mengikuti Google I/O.

Okezone.com ketika mendapat undangan dari Google untuk mengikuti eventuality tahunan itu, tidak ingin melewatkan kesempatan berbincang langsung dengan Leonika di sela-sela event.

Wanita yang lahir di Surabaya, Jawa Timur, ini sangat antusias ketika Reblood terpilih dari 469 pelamar anggota Google Businness Group (GBG) dan para enterprenier independen dari 26 negara menghadiri ajang tahunan Google I/O pada 17-19 Mei 2017, di Mountain View, California, Amerika Serikat. Sebagai CEO Reblood, Leo terpilih bersama satu orang Indonesia lainnya yakni Fadli Wilihandarwo dari Yogyakarta.

Gadis 24 tahun ini tidak menyia-nyiakan kesempatan bisa belajar banyak dengan menghadiri Google I/O, sebuah acara kumpulnya para developer dunia yang digelar oleh perusahaan raksasa internet dan berlangsung selama tiga hari. Leo pada eventuality Google tersebut banyak mendapat kesempatan bertemu para ahli teknologi, inovator, dan pemimpin bisnis global.

Membawa aplikasi Reblood, sebuah aplikasi yang mendorong para penggunanya untuk mendonorkan darah, mengakomodir, mengedukasi, bahkan mengapresiasi penggunanya, Leo –sapaan akrabnya— berharap kesadaran akan pentingnya donor darah ditambah persoalan-persoalan donor darah secara tellurian dapat terselesaikan.

Sebelum ke ajang Google I/O, Leo dengan Reblood-nya sudah cukup dikenal di Indonesia. Sejak 2015 apliaksi tersebut sudah tersedia dan 2016 resmi diluncurkan.

Ketika mendapat kesempatan datang langsung ke eventuality Google I/O, Leo tidak ingin kesempatan emasnya ini disia-siakan. Selama di sana, ia banyak belajar, banyak mencari tahu, dan melengkapi apa yang masih menjadi kekurangan Reblood.

“Banyak pelajaran menarik, kumpul dengan developer dunia, dan saling support satu sama lain. Saya presentasi aplikasi Reblood banyak masukan, banyak yang tanya soal Reblood dan banyak juga yang antusias,” ujar Leo semringah.

Reblood Jadi Perhatian

Pelajaran yang menarik lainnya adalah ketika Reblood yang merupakan aplikasi pengembangan dari orang Indonesia itu, banyak yang bertanya dan antusias sekali dengan Reblood. “Reblood itu apa sih, ternyata masih ada wanita di Indonesia yang peduli dengan nyawa orang melalui aplikasi yang saya buat,” tuturnya menceritakan pengalamannya ketika berdiskusi dengan developer dunia lainnya di ajang Google I/O tersebut.

Ia joke menceritakan bagaimana melalui aplikasi Reblood, Indonesia jadi perbincangan developer dunia. Raut wajah senang dan bangga terpancar dari wajahnya yang cantik itu. Mengingat persoalan-persoalan donor darah di Indonesia cukup sangat sekarat menunggu datangnya transfusi darah.

Melalui aplikasi Reblood, tentus saja bisa membantu siapa joke untuk melakukan donor darah dari tempat terdekat sesuai keinginan. Pendonor yang sudah mengunduh aplikasi Reblood akan memperoleh pointer secara berkala (up date) berisi daftar eventuality donor darah di mana saja tempat serta waktu kegiatan donor darah itu akan berlangsung.

“Banyak yang salut dengan Reblood ini, Indonesia keren banget bisa kepikiran untuk membuat solusi boat gini, menolong orang melalui aplikasi. Bangga, karena Indonesia tidak kalah dengan negara lainnya,” ucapnya

Aplikasi Reblood itu sendiri dijalankan dengan menggunakan sistem point serta reward (game) yang dapat diperoleh melalui website (reblood.com) serta smartphone Android. Hebatnya lagi, melalui kerjasama dengan berbagai sponsor, prerogative terbanyak akan mendapat hadiah berupa tiket nonton konser, korting e-commerce, nonton film terbaru, dan lainnya.

Transfer Ilmu di Indonesia

Pengalaman berharga yang dialami Leo akan menjadi modalnya mentransfer ilmu di Tanah Air. Reblood yang sudah dibangunnya sejak 2015, bisa memberikan manfaat besar untuk masyarakat Indonesia yang kesulitan mendonorkan darahnya.

Saat ini, kata Leo, banyak dari mereka yang gemar donor darah berusia 17-30 tahun. “Banyak dari mereka adalah anak-anak muda, anak kuliahan. Karena itulah kenapa sering dipilih tempat di mal-mal. Wah, donor darah seru nih, jadi sekalian ke mal sambil cuci darah,” ujarnya.

Selain itu, diakuinya saat ini yang sudah pointer in aplikasi Reblood itu khusus di Surabaya sudah mencapai angka 10.000 lebih, sedangkan seluruh Indonesia belasan ribu tapi mayoritas masih Surabaya. “Jadi masih banyak yang perlu dikembangkan lagi, ke daerah-daerah lain di Indonesia,” jelasnya.

Gadis jebolan Institut Teknologi Sepuluh Nov (ITS) Surabaya ini, bercerita juga bagaimana ide awal bisa membuat aplikasi di bidang kesehatan ini lantaran kecintaannya terhadap kesehatan. Bahkan sebelum membuat Reblood, ia sering sekali mendapat pesan (sms) dari orang-orang yang membutuhkan darah.

Bukan karena minimnya persoalan darah di PMI saja, masalah lain adalah bila ada eventuality donor darah banyak yang ditolak karena tidak memenuhi persyaratan (tekanan darah, hemoglobin, dan lainnya).

“Melalui aplikasi ini, bisa ketahuan penyakit si pendonor dan Reblood akan memberikan saran harus melakukan apa sebelum mendonor. Melalui aplikasi Reblood ini juga akan memudahkan orang untuk mendonorkan darahnya, memudahkan mencari tempat dan waktu donor darah, tidak perlu bingung lagi,” ungkapnya.

Walhasil, berkat aplikasi Reblood ini, setiap harinya PMI di Surabaya mampu mendapatkan dua kali lipat dari yang biasanya. “Biasanya cuma dapat 200-300 kantong darah ini bisa sampai 500 kantong,” pungkasnya.

(amr)

More tabs ...

Posted in
Tagged . Bookmark the permalink.
short link tablet123.com/?p=10650.