LAPORAN DARI AS: Google I/O, Sebuah Konferensi Teknologi …

MOUNTAIN VIEW –  Google I/O 2017 baru saja selesai dihelat. Jumat (19/5/2017) waktu Amerika Serikat, Google resmi menutup konferensi tahunan ini dengan menyisahkan banyak pengalaman dan ilmu berharga bagi para developer dunia.

Sebanyak 7.000 developer selama tiga hari, Rabu-Jumat memadati area konferensi I/O yang bernama Shoreline Amphitheater di Mountain View, California, Amerika Serikat. Meski terik panas matahari begitu menyengat hingga menusuk kulit, tetap tidak menyurutkan langkah para developer untuk tetap berada di area gelaran tahunan itu.

Menarik memang bila melihat lokasi Shoreline Amphitheater biasanya digunakan sebagai tempat konser musik. Kali ini berbeda, Google justru menyulap lokasi konser musik menjadi sebuah eventuality teknologi berskala internasional.

Perhelatan yang luar biasa ini, memang memadukan sebuah konferensi layakanya pagelaran festival musik. Bayangkan saja, sang CEO Google Sundar Pichai harus berbicara di atas panggung yang luas dan tingginya dirancang khusus untuk sebuah konser musik.

Tentu, bila digambarkan suasana di lokasi mirip sekali konser musik, apalagi ketika Sundar tampil, seluruh penonton yang tidak lain adalah para developer berdiri, berteriak, bertepuk tangan menyambut hangat.

Apa sebenarnya konsep yang ditawarkan Google ini dengan menggelar konferensi yang dibalut layaknya festival konser musik. Ya, menurut berbagai sumber, Google ingin mengusir kejenuhan berlama-lama dan berhari-hari di dalam gedung dengan membuat gebrakan eventuality teknologi konsep outdoor.

Dengan demikian, energi sebuah festival musik akan tersedot di konferensi teknologi tersebut lantaran tempatnya biasa digunakan untuk konser musik rope legendaris Bee Gees.

Konsep demikian ternyata memang disukai para developer, padahal tahun-tahun sebelumnya eventuality ini selalu di gelar di ruang tertutup. Waktu itu digelar di gedung konferensi yang berlokasi di Moscone Center, San Francisco.

Tidak kalah menarik lainnya adalah Sanbox atau sebutan untuk area demo dan hands-on di Google I/O yang menjadi produk-produk terbaru Google. Semua para developer bisa merasakan dan mencicipi langsung di Sanbox tersebut. Bentuknya mirip tenda bulat suku eskimo berwana putih dan bertulisakan biru, dan jumlah banyak. Google juga menghadirkan satu ruangan khusus yang cukup besar untuk belajar membuat coding atau yang dinamakan “Codelabas”. 

Disediakan juga kantin makan gratis, ruang santai, ruangan para jurnalis melaporkan hasil liputannya, dan juga tak ketinggalan Google store yang menawarkan berbagai sell berlogo google. Bahkan, counter marchandise tak pernah sepi dari para pembeli, bahkan mereka harus rela antre mengular untuk bisa memperoleh barang yang diinginkan sebagai kenang-kenangan selama mengikuti Google I/O 2017.

More tabs ...

Posted in
Tagged . Bookmark the permalink.
short link tablet123.com/?p=367.