Mengapa Google I/O 2013 terlihat memanjakan developer? | merdeka.com

Merdeka.com – Diselenggarakan dalam waktu tiga hari berturut-turut, tak membuat acara Google I/O 2013 gemerlap dengan berbagai pengumuman produk baru dari Google. Malah, acara ini sangat nampak sebagai ajang convention dan convention untuk para pengembang aplikasi Google saja.

Seperti yang dilansir oleh Time (15/5), dari berbagai acara yang digelar di sana hingga hari ini, tak ada satu joke produk unggulan yang selama ini dirumorkan keluar. Mulai dari X Phone, Nexus 7, dan bahkan Android baru joke tak ada batang hidungnya sama sekali di sini.

Acara ini sendiri dijejali dengan berbagai convention dan ceramah-ceramah seputar Google dan produknya. Sehingga, Google I/O 2013 semakin nampak sebagai ajangnya para developer saja, bukan untuk end-user.

Selama dua hari acara ini berjalan, Google telah berfokus untuk menyampaikan materi-materi seputar developer. Raksasa IT yang dipimpin oleh Larry Page ini joke membocorkan seluk beluk mengenai cara membangun aplikasi jempolan untuk Android, Chrome, Glass, dan sebagainya.

Jika bisa dianalisis, mungkin saja hal ini memang perlu dilakukan oleh Google. Terutama dalam hal pengembangan Android, mereka merasa perlu melakukan perubahan.

Hal ini nampak dalam berbagai acara yang membahas tentang bagaimana caranya memanfaatkan Google Play Store dengan bijaksana. Mungkin saja, Google ingin melakukan bersih-bersih di sini agar terjadi perubahan kualitas.

Patut diketahui, meskipun memiliki pengguna yang cukup banyak, urusan kualitas dari layanan Google tidak bisa dibilang yang terbaik. Masih banyak pemain-pemain lainnya yang bermain dengan pasar kecil namun mampu memanfaatkan pasar tersebut dengan baik.

Yang jadi pertanyaan, mampukah Google ‘bersih-bersih’ secara sempurna di acara ini? [nvl]

More tabs ...